Senin, 08 Februari 2016

makalah kewirausahaan




 

 

                                            COFFE SHOP DOMULANA






MK: KEWIRAUSAHAAN
           
                                                                       Disusun Oleh :

                                                              Nama        : Arta Siburian
                                                              Nim          : 201322002
                          Prodi         : Komputerisasi Akuntansi

 
                                                                                                               
   AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA &  KOMPUTERISASI AKUNTANSI
 AMIK IMELDA
MEDAN
T.A.  2015/2016




KATA PENGANTAR

     Puji dan syukur penulis panjatkan kepada TUHAN Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatNya penulis bisa menyusun Makalah  ini dengan sebaik-baiknya.Seiring rasa Syukur dan bahagia, Makalah ini penulis susun dengan konsep pemikiran sendiri, mulai dari menyusun dan meninjau pustaka.
    Adapun tujuan penyusunan Makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Kewirausahaan  yang di bimbing oleh Bapak M.J.P. Sagala,SH,MS. untuk itu Penulis hanturkan rasa Terimakasih kepada Dosen Kewirausahaan di AMIK IMELDA Medan atas bimbingannya.
  Dalam penyusunan Makalah ini penulis tentu  menjumpai beberapa hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat menyelesaikan  Makalah ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait  termasuk teman teman yang telah membantu Saya menyelesaikan Makalah ini.
                Segala sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sebagai penulis,sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya hanya TUHAN, Makalah ini masih terdapat berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun demi perbaikan tugas ini,, maka, penulis harapkan guna untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan pada tahap selanjutnya.
                Semoga Makalah ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak pembaca.





                                                                                                       
                                                                                                                  Medan,19 Januari 2016
                                                                                                             
                                                                                                                      Penulis,
                                                                                     
                                                                                    
                                                                                                            
                                                                                    (Arta Siburian)
                                                                                                                                        
                    

DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI...................................................................................................................... ii
BAB 1 PENDAHULUAN..................................................................................................... 1  
 A.  Latar Belakang........................................................................................................... 1
   a.Visi............................................................................................................................ 1    
   b. Misi .......................................................................................................................... 2    
   c. SDM dan SDA............................................................................................................ 2
   d. Analisa Peluang Usaha dan Tujuan  Usaha.................................................................. 2     
 B. Profil Usaha................................................................................................................ 3       
   1. Nama Usaha.............................................................................................................. 3                  
   2. Nama Pemilik............................................................................................................ 3
   3. Alamat/Lokasi  Usaha................................................................................................ 3         

BAB  II PRODUK............................................................................................................... 4
  1. Jenis Produk/Macam Produk...................................................................................... 4
  2. Alat/Bahan................................................................................................................. 5
  3. Cara/Proses Pembuatan............................................................................................. 6

BAB III  PEMASARAN....................................................................................................... 7
  A.Strategi Pemasaran.................................................................................................... 7
  B.Analisis SWOT............................................................................................................. 8
  C.Struktur Organisasi..................................................................................................... 9

BAB  IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN........................................................................... 10
         A. Modal................................................................................................................ 10
         B. Perhitungan keuntungan.................................................................................... 11
BAB  V PENUTUP........................................................................................................... 14
A.      Kesimpulan ........................................................................................................ 14
B.      Saran.................................................................................................................. 14

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
     Tingkat stress yang semakin tinggi membuat masyarakat membutuhkan tempat untuk sekedar melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa menyegarkan suasana kembali.  Ke coffee shop atau kedai kopi menjadi salah satu pilihan yang favorit di masyarakat.  Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua usia ini.
    Pergeseran budaya membuat keberadaan coffee shop semakin di akui masyarakat.  Peran media-media yang sering mensosialisasikan kedai kopi mendukung perkembangan warung khusus kopi ini.  Semula kedai kopi di jadikan sebagai tempat berkumpul para masyarakat, tapi sekarang, seakan kedai kopi mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat untuk bertemu teman lama, sahabat atau bahkan relasi bisnis untuk membahas suatu bisnis tertentu.Di beberapa cafe kopi menyediakan khusus untuk tempat rapat yang sedang mempunyai agenda tertentu.  Disini pula, akhirnya perkembangan kedai kopi semakin pesat karena masyarakat bisnis sering bosan jika rapat di adakan di kantor saja tanpa ada sentuhan yang lain dari pada yang lain.
  maka dari hal seperti itu Dengan memperhatikan keuntungan dari kopi Yaitu sejak saya mulai belajar ilmu tentang usaha seperti manajemen dan saya memperhatikan khususnya di kota Medan ini sangat banyak orang pencinta kopi dan saya lihat bermacam macam rasa kopi, dan   saya langsung terpikir dikampung saya Tapanuli utara daerah  Sipincur,Muara Nauli, Bakkara.Begitu juga di hutaginjang daerah Panorama objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, Desa hutaginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara,memiliki pemandangan  danau  dan pulau yang bagus dan menarik, suhunya yang dingin dan sejuk, memiliki daerah bukit yang bagus.sehingga membuat para pengunjung  tertarik dan betah berlama-lama di tempat ini, baik hanya untuk refreshing maupun untuk cuci mata. Tempat wisata yang dikunjungi lebih kurang 300 orang per hari belum memberikan kepuasan bila dilihat dari kebutuhan pengunjung untuk mengonsumsi makanan, juga minuman siap saji seperti kopi. Tempat ini juga belum terjamah oleh tangan orang  yang berminat di bidang usaha ini. bahan dan barang yang dibutuhkan untuk usaha warung kopi melalui sumber daya alam yang terkelola dengan baik, membuat saya  merasa punya peluang besar untuk mendapatkan keuntungan  yang kecil hingga besar dari usaha warung kopi ini. Dengan alasan-alasan tersebut lah  saya  ingin mendirikan usaha  dengan nama “Coffee Shop Domulana” ini.






VISI,  MISI,  SDM DAN SDA  SERTA PELUANG USAHA
   a.Visi
    Pelayanan  Terbaik adalah suatu Kebanggaan bagi Kami.Untuk memperoleh keuntungan lewat pelayanan terbaik. Baik dari segi hidangan yang ditawarkan, keramah-tamahan dan kesopanan pemilik juga karyawannya, keamanan, dan Kenyamana di “Coffee Shop  Do mulana” sehingga pengunjung merasa aman dan puas.

   b. Misi
    Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi usaha dalam hal mengurangi kuota pengangguran, serta ikut membantu pemerintah mempromosikan tempat wisata di lokasi usaha agar meningkatkan perolehan Pendapatan Daerah tersebut.

  c. SDM dan SDA
 Adapun Perencanaan saya  untuk SDM pada unit usaha ini adalah pekerja yang mampu memenuhi standard, yaitu :
 pekerja yang mampu berkomunikasi dengan baik
 memiliki penampilan menarik dan sopan
 memiliki pengalaman/keahlian di bidang penyajian kopi / bartender
 mampu bekerjasama dengan tim

    d.Peluang Usaha
·         Tempat, dimana Lokasi usaha ini sangat mempengaruhi keberhasilan usaha kedai kopi ini adalah tempat yang sangat strategis dimana dekat dengan kawasan Objek Wisata, selain itu kebersihan dan keindahan tempat itu juga perlu diperhatikan, hal ini dimaksudkan agar para pengunjung merasa betah dan nyaman, sehingga perlu dibuat desain yang unik yang mengangkat tema nuansa pedesaan tersebut.
·         Strategi Usaha, yang merupakan langkah ke dua adalah suatu cara yang mendukung usaha ini, artinya jika saya menginginkan kedai kopi saya ramai pengunjung tentu saya harus memiliki suatu strategi untuk menarik perhatian para konsumen yang disajikan dengan mempunyai ciri khas seperti fasilitas misalnya, nonton bareng.
·         Promosi,dengan melakukan langkah ke tiga ini, saya perlu bisa melakukan seperti embagikan brosur, memberikan harga terjangkau untuk pertama serta memberikan bonus dengan pembelian 3 cangkir kopi Free.


  B.PROFIL USAHA
1.1.  Nama  Dan Alamat  Tempat  Usaha                                    
    a.  Nama Usaha   : Shop Coffe Domulana
    b. Alamat Usaha : Jl.Muara Hutaginjang
    c.  No. Hp            : 0823456765437

1.2. Nama dan Alamat Penanggungjawab/ Manajer
     a.  Nama  : Arianto Siburian
     b.  Alamat:Jln. Muara Silando

1.3. Nama dan Alamat  Penangungjawab  bagian Produksi
  1. Nama  : Arta Siburian
b.      Alamat: Jl. Muara Silando

1.4. Nama dan Alamat Bagian Penanggungjawab persediaan barang
  a.Nama : Armanto Siburian
  b.Alamat: Jl. Muara  Silando

                


BAB II
                                                                      PRODUK
1.Jenis Produk Dan Macam Produk

No.
Nama Nama Minuman Kopi
Harga
1.
Kopi  O Mula-Mula
Rp 12.000,-
2.
Kopi O Dingin
Rp 15.000,-
3.
Kopi  Susu Mula-Mula
Rp 15.000,-
4.
Kopi  Susu Dingin
Rp 17.000,-
5.
Kopi jeruk
Rp 18.000,-
6.
Kopi  Moka
Rp 20.000,-
7.
Cappucino Double Sugar
Rp 25.000,-
8.
Kopi Rebus Madu
Rp 15.000,-
9.
Kopi Espresso
Rp 16.000,-

No
 Nama Nama Snack
Harga
1
Roti Bakar cokelat
Rp 8.000,-/porsi
2
Pisang Bakar
Rp 10.000,-/porsi
3
Pisang Goreng keju
Rp 6.000,-/porsi
4
Kentang Goreng
Rp 12.000,-/porsi
5
Roti Bakar Keju
Rp 8.000,-/porsi
 2. Alat Dan Bahan
          Pembelian peralatan (investasi)
No
Keterangan
Harga
1.
INSTANT Coffe Vending

Rp 10.300.000,-
2.
TV

Rp   2.300.000,-
3.
Mesin kasir

Rp 2.000.000,-
4.
Meja kasir dan kursi kasir

Rp 1.000.000,-
5.
Meja tamu dan Kursi tamu

Rp 5.000.000,-
6.
Gelas untuk Kopi Panas/Hangat                                                    
4 lusin     (Rp 600.000,-)

7.
Gelas Untuk Kopi Dingin                                                            
5 lusin      (Rp 700.000,-)
8.
sendok Teh Ukuran Panjang                                                      
3 lusin      (Rp 300.000,-)
9
Sendok  Teh Ukuran Sedang                                                         
3 lusin      (Rp 250.000,-)
10
Sendok  Teh Ukuran pendek/kecil                                                         
3 lusin        (Rp 200.000,-)
11
Cup dan Tutup Cup  Untuk Kopi Panas                        
10 bungkus(Rp 200.000,-)
12
Sedotan Kecil Khusus Kopi Hangat
5 bungkus  (Rp 100.000,-)
13
Piring kecil
4 lusin        (Rp 500.000,-)
14
Cup dan Tutup Untuk Kopi Dingin     
10 bungkus (Rp 200.000,-)
15
Sedotan Panjang Khusus Kopi Dingin
5 bungkus   (Rp 200.000,-)
16.
Peralatan Lain – Lain
                    Rp. 448.000,-

TOTAL
 Rp 24.298.000,-

       Pembelian Bahan – Bahan
No.
Keterangan
Harga
1.
Kopi super
Rp 1.500.000,-
2.
Gula
Rp    600.000,-
3.
Kue/cookies
Rp      55.000,-
4.
Cokelat
Rp    400.000,-
5.
Bahan lain – lain
Rp    500.000,-

TOTAL

Rp 3.055.000,-

    Biaya Operasional Selama Satu Bulan

No
Keterangan
 Harga
1.
Biaya Listrik
Rp    120.000,-
2.
Biaya Air
Rp      70.000,-
3.
Biaya Sewa Tempat
Rp    200.000,-
4.
Biaya 4 Tenaga Kerja
Rp 3.200.000,-
5.
Biaya Lain – Lain
Rp    700.000,-
TOTAL
Rp 4.290.000,-


3. Cara Pembuatan
   Cappucino Double Sugar
v  Resep Minuman Cappucino Double Sugar
v   Kopi Instan 1 Sendok Teh
v  Cokelat bubuk ½ sendok tehGula Palem 1 sendok teh           
v  Gula  pasir 1 sendok  Makan
v  Air  250 ml
v  Whipping Cream 500 ML


Cara membuat Cappucino Double sugar:

1.Langkah Pertama masukkan  Kopi, cokelat bubuk , dan gula pasir ke dalam cangkir, sisihkan
2.Rebus air hingga mendidih , tuang air ke dalam cangkir yang berisi  koip, aduk hingga semua  tercampur  rata
3.selanjutnya kocok whipping cream, semprotkan secara perlahan di atas air kopi
4.kemudian campur Gula palem  dan cokelat bubuk, taburkan gula palem diatas buih
5. lalu sajikamn Cappucino Double sugar selagi Hangat

Cappucino Double Sugar



BAB III
PEMASARAN
 A.Strategi Pemasaran
     Strategi Pemasaranan ini, Saya melakukan pengamatan terhadap Mahasiswa UNITA yang belajar sebagai calon konsumen (target pasar ) sehingga usaha ini  memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang baru mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan. Jika tidak, maka kegagalan akan muncul dalam  usahanya.                
    
Product
Produk yangditawarkan adalah jenis minuman berbau kopi. Dengan rasa yang bervarian sesuai dengan permintaan konsumen.
Disamping itu juga disajikan juga menu – menu minuman selain kopi dan beberapa makanan ringan untuk melengkapi saat bersantai.
Ø  Price
Harga di Coffee  terjaNgkau dan sangat bersahabat sesuai dengan kantong  Bagi Kalangan Mahasiswa
Ø  Place
Karena sasaran utama dari Coffe Shop Domulana ini adalah  Panorama Wisata Alam,mahasiswa UNITA, maka tempatnya di sekitarcukup dekat. Desain tempat dibuat semenarik mungkin dengan tetap menonjolkan kenyamanan pengunjung.
Ø  Promotion
Strategi mengenai bagaimana usaha ini dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
Ø  Advertising (iklan)
o   Social networking: Facebook, Twitter, Path dan Instagram
o   Social media: Whatsapp, BBM dan Line
Ø  Sales Promotion
Dilakukan di Universitas Tapanuli Utara pada jam diluar jadwal kuliah dengan cara promosi dari mulut ke mulut agar lebih banyak lagi mahasiswa yang mengetahui mengenai usaha kedai ini.
Ø  Process
Untuk proses, dalam menyampaikan produk, pengujung diberikan menu terlebih dahulu, lalu pelayan memberikna pelayanan terhadap menu yang dipilih, selanjutnya pengunjung membayar pada kasir dengan cash atau debit.
        



B.ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi       perusahaan.
Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut:
a.       Strength (kekuatan)
Kekuatan yang dimiliki oleh usaha yang kami jalankan adalah:
·         Kedai kopi dengan menu yang harganya bersahabat.
·         Tempat dan situasi kedai yang nyaman (homy).
·         Lokasi tempat dekat dengan Objek Wisata, Kampus  dan  masyarakat.
·         Menghadirkan menu kucingan dengan trempat kedai yang sederhana tapi nyaman.
·      
b.      Weakness (kelemahan)
Selain kekuatan di setiap usaha pasti memiliki kelemahan, kelemahan usaha saya
Adalah:
·         Membutuhkan promosi yang ekstra.
c.       Opportunity (peluang)
Kesempatan yang dimiliki dalam perencanaan usaha adalah:
·         Usaha kedai yang banyak dicari oleh konsumen.
·         Karena dekat dengan Objek Wisata, membuat terasa lebih Nyaman.
d.      Threatment (ancaman)
Ancaman yang dihadapi dari usaha yang akan dijalankan adalah:
·         Pada saat liburan semester/hari libur kampus, jumlah pengunjung akan berkurang secara signifikan..


C.Struktur Organisasi








BAB IV

PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
ü  Modal
*      Pembelian Peralatan (Investasi)            Rp 24.298.000,-
*      Pembelian Bahan –Bahan                      Rp   3.050.000,-
*      Biaya Operasional Selama 1 bulan       Rp   4.290.000,-(+)
                               TOTAL                                                                    Rp   31.638.000,-

Besar kecilnya modal yang perlu dikeluarkan:
·         Harga Pokok Produksi (HPP):

ü  Biaya bahan baku                                  Rp  3.050.000,-
ü  Biaya tenaga kerja                                 Rp  3.200.000,-
ü  BOP                                                       Rp  1.000.000,-
ü  Biaya Produksi                                      Rp  5.000.000,-



Perhitungan  Keuntungan:



·         Asumsi pertama:
Jika  diasumsikan dalam satu hari ada 50 pengunjung yang datang dan memesan kopi Plus dan snack dengan harga Rp 20.000,- maka pada 1 hari Pendapatan sebanyak
       Rp 20.000,- x 50 pengunjung = 1.000.000,-

·         Asumsi Kedua:
Jadi jika diasumsikan dalam satu bulan 50 pengunjung x 30 hari x Rp 20.000,- = Rp 30.000.000,-

v  Keuntungan Kotor          Rp 30.000.000,-         Rp  5.000.000,- = Rp 25.000.000,-

v  Keuntungan Bersih          Rp 25.000.000,-         Rp 1.000.000,- = Rp 24.000.000,-

v  Laporan Laba rugi:

Pendapatan dan Penjualan

    Penjualan Bersih              Rp 30.000.000,-
    
        Pembelian                         Rp  5.000.000,-

        Laba kotor                                                 Rp 25.000.000,-

 
Biaya Usaha

ü  Biaya listrik                Rp   120.000,-
ü  Biaya air                     Rp     70.000,-
ü  Biaya sewa                      (-)
ü  Biaya tenaga kerja     Rp 3.200.000,-

    Total Biaya Usaha       Rp 3.390.000,-
       
     Laba Bersih                  Rp22.610.000,-

   


BAB V
PENUTUP

A.Kesimpulan
Dari Makalah ini saya mengambil kesimpulan yaitu bahwa memamg saat ini usaha warung kopi sedang banyak digemari oleh para usahawan, dan ada juga dari sekedar hobi hingga akhirnya bisa memutuskan untuk membuka usaha warung kopi. Di Indonesia banyak sekali berbagai macamminum  kopi seperti minuman khas Medan ini, khas Yogyakarta, khas Padang,khas Jakarta dan masih banayk lagi.warung koopi adalah bisnis yang sangat menjanjikan, karena itu dengan kita  dengan kita membuka usaha ini, kemungkinan dengan mendapat keuntungan banyak.
.
     Kedai kopi merupakan usaha yang layak untuk dijalankan dan dikembangkan karena memiliki pertumbuhan pasar yang tinggi.kita tidak boleh menyerah apalagi putus asa dalam melakukan  usaha apa pun Karena semua yang kita lakukan pasti ada jalannya. Mamang kegagalan merupakan cambuk untuk sebuah kesuksesan tapi dibalik kegagalan itu  pasti ada hikmahnya. Ada pepetah bilang “masih banyak jalan menuju roma” kita memang harus selalu optimis dengan semuanya. Dalam segala hal yang kita lakukan pasti ada ujian, cobaan dan tantangannya. Secara tidak disadari itu merupakan musuh yang tidak kita ketahu darimana datangnya, arahnya dan tujuanya tapi itu semua memang harus kita hadapi. Bila kita mampu menghadapinya maka tunggulah kesuksesan telah menunggu. Tapi kita juga jangan lupa berdoa karena dalam suatu pepatah dikatakan “kejarlah akhiratmu maka dunia akan mengejarmu”jadi dalam melakukan usaha apapun harus diimbangi dengan keimanan.

SARAN
 Saran dari penulis yaitu dalam berbisnis apapun, kita  harus memiliki kreativitas yang tinggi.apalagi yang namanya Usaha, Harus berusaha semaksimal mungkin, Jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup.
   





DAFTAR PUSTAKA

  Kotler, P. 1992. Manajemen Pemasaran.
  Marketing Plan Workbook.
  Marketing Strategi Workbook.www.mplans.com
  http://binaukm.com/2010/05/defenisi-warung kopi -dan usaha kopi-dan peluang usaha
  http://bisnisukum.com/2010/09/inilahnresep-resep sukses berbagai-resep-resep cara membuat kopi.html
  http://blogspot.com/2010/11/makalah-usaha-warung-kopi


2 komentar:

  1. Dari Makalah ini saya mengambil kesimpulan yaitu bahwa memamg saat ini usaha warung kopi sedang banyak digemari oleh para usahawan, dan ada juga dari sekedar hobi hingga akhirnya bisa memutuskan untuk membuka usaha warung kopi. Di Indonesia banyak sekali berbagai macamminum kopi seperti minuman khas Medan ini, khas Yogyakarta, khas Padang,khas Jakarta dan masih banayk lagi.warung koopi adalah bisnis yang sangat menjanjikan, karena itu dengan kita dengan kita membuka usaha ini, kemungkinan dengan mendapat keuntungan banyak.
    .
    Kedai kopi merupakan usaha yang layak untuk dijalankan dan dikembangkan karena memiliki pertumbuhan pasar yang tinggi.kita tidak boleh menyerah apalagi putus asa dalam melakukan usaha apa pun Karena semua yang kita lakukan pasti ada jalannya. Mamang kegagalan merupakan cambuk untuk sebuah kesuksesan tapi dibalik kegagalan itu pasti ada hikmahnya. Ada pepetah bilang “masih banyak jalan menuju roma” kita memang harus selalu optimis dengan semuanya. By : Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

    BalasHapus